Haloo, kembali dengan Nidlomuddin Ar Raffii di sini. Di mana di artikel ini saya akan sedikit membahas tehnik basic facebook marketing yang proven untuk anda lakukan ketika menggunakan profile facebook anda sebagai media marketing, tehnik ini mungkin terbilang sangat sederhana namun justru banyak dilupakan.

1. Mulailah dengan mindset marketing di dalamnya

Tak bisa kita pungkiri meskipun secara mendasar facebook adalah social media, namun dengan banyaknya pengguna aktif yang anda, bukan tidak mungkin anda bisa menghasilkan banyak income dengan menggunakan ya meskipun hanya dengan menggunakan cara gratisan dengan profile facebook. Akun faccbook anda di sini adalah asset yang anda bangun, anda harus bisa menggunakanya sebagai media membangun dan mengembangkan bisnis anda terlepas dari penggunaan facebook sekedar social media semata. inilah pondasi pertama yang harus anda bangun.

Kita harus benar-benar membuat akun kita untuk membangun networking, mencari teman-teman yang memungkinkan untuk diajak kerjasama mengembangkan bisnis anda. bukan sekedar penggunaannya sebagai social media semata.

2. Gunakan profile & cover timeline yang mencerminkan bisnis anda

di beberapa artikel dan ebook yang saya tulis, Saya seringkali menjamah penggunaan visual konten dalam social media bahkan mungkin berkali saya sampaikan di artikel yang lain, don’t judge the book by it’s cover” agaknya memang prinsip ini tidak terlalu berlaku dalam social media. karena komponen utama dalam social media adalah visual content.

Terlebih jika jangkauannya adalah untuk tujuan bisnis dan marketing. Kita menjangkau puluhan bahkan ratusan ribu orang di sini, dan tidak semua orang mengenal baik kita dan bisnis yang kita jalankan, tentunya penggunaan cover yang bagus menjadi reprsentasi seberapa bagus bisnis kita, seberapa profesionalisme kita, yes seperti yang saya sampaikan di awal tadi, mulailah dengan mindset marketing. Kita tidak hanya menggunakan facebook sekedar social media di sini, bukan hanya sekedar mencari teman tetapi lebih dari itu, kita membangun akun untuk tujuan networking sekaligus, membangun asset bisnis kita.

Nah kalau saya boleh bilang “akunmu adalah uangmu”, untuk itu penggunaan visual konten adalah hal mutlak yang harus anda jalankan termasuk menggunakan media cover sebagai media memperkenalkan diri anda dan bisnis yang anda jalankan, jutaan orang di facebook tidak mungkin mengenal kita bukan?

Tidak jarang kita lihat banyak mastah yang menggunakan covernya sebagai media membangun list, mempromosikan produk digitalnya, promo eventnya, dll.


seperti yang anda lihat pada screenshoot di atas, penampilan cover yang menarik menjadi nilai tersendiri, hal ini sangat penting untuk membangun personal maupun brand bisnis anda melalui facebook. Cover image yang bagus membantu anda meningkatkan kredibilitas anda.

Bagimana dengan anda? sudahkah anda menggunakan cover yang menarik? jika belum kami sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan cover yang bagus.

3. Gunakan akun facebook anda sebagai media mengumpulkan prospek dan calon buyer dengan menambahkan teman yang tertarget.

Inilah point terpentingnya, membangun asset dengan facebook adalah dengan menggunakannya sebagai media adalah untuk membangun networking dan mempromosikan produk kita, dalam hal ini ada satu proses yang tidak bisa anda lewatkan, apalagi kalau bukan menemukan teman-teman tertarget sesuai dengan offer anda. Menganalisa siapa saja yang bisa diajak untuk mengembangkan bisnis anda.

Ada banyak orang yang mungkin melupakan hal ini, padahal di sinilah titik pentingnya.

Dengan membangun akun dengan teman-teman tertarget :

  1. Bisa langsung promosi produk atau membangun networking menggunakan akun facebook personal
  2. bisa promosi gratisan dan tertarget
  3. Kedekatan secara psikis lebih bagus dibandingkan fanpages. imbasnya konversi penjualan akan jauh lebih bagus.

Untuk menemukan teman-teman tertarget ini, tentu anda harus memahami betul siapa calon pembeli anda di facebook, Anda haus memahami betul karakteristik dan demography target market anda, siapa mereka dan seberapa besar jangkauan market anda, skala nasional, ataukah kedaerahan. tentunya masih banyak lagi faktor lainnya, semuanya sudah saya bahas di tehnik 24 Jam Penjualan dengan facebook. udah pernah lihat materinya khan?

4. Tetaplah social…!

Media marketing yang kita gunakan adalah social media, ingat ada kata “social” di dalamnya, artinya untuk bisa memaksimalkan potensi social media dalam jangkauan marketing, Anda harus melakukannya dengan mensosialisasikan diri anda, membangun komunikasi aktif dengan networking anda, celon prospek anda. dalam konteks facebook anda harus pandai-pandai membangun engagement.

Kenapa hal ini penting? Karena engagement adalah bentuk SEO dalam social media, dengan selalu aktif membangun engagement akun, kita akan diuntungkan, di mana begitu membuat status promo, promo anda akan lebih mudah dibaca oleh teman-teman anda. status promosi yang anda buat akan merangsek masuk ke dalam newsfeed teman-teman anda.  yang artinya jika anda memberikan offer dan teman anda tertarget, anda bisa mendapatkan sales meskipun hanya dengan cara dan tehnik gratisan.

Satu kata kunci yang perlu anda perhatikan adalah Apapun social media yang anda gunakan sebagai media marketing, rasanya prinsip utamanya adalah anda tidak bisa lepas dari engagement, kekuatan dan keaktifan interaksi kita dengan sesama penggunanya (dalam hal ini facebook). untuk itu pula sebaiknya ketika anda membuat status promosi buatlah status soft selling dengan membuat status promo tersirat & mengedepankan nilai engagement itu sendiri.

Untuk point engagement kita akan secara tersendiri di artikel lainnya ya!

5. Buat status yang relevan dengan offer dan prospek anda

Engagement itu kuncinya, di atas sedikit saya singgung tentang tingkat interaksi social dalam social media, nah dengan membuat status yang relevan dengan prospek anda, anda akan lebih mudah mendapatkan like, komment dan share status, ini penting untuk SEO akun anda, sehingga di kemudian hari ketika anda melakukan status promosi, status anda akan jauh lebih menjangkau smeua teman facebook, anda akan mudah mendapatkan lebih banyak prospek hanya dengan status.

6. Kelompokkan prospek anda berdasarkan passion mereka

Facebook sendiri menyediakan fitur friendlist yang sebenarnya bisa kita optimalkan untuk mengatur list teman-teman kita berdasarkan passion, interest atau jenis bisnis yang mereka lakukan.


SILAKAN PLAY VIDEO INI UNTUK LEBIH JELASNYA!

Bagaimana keren bukan tehniknya?

Seperti yang anda lihat di video facebook, di facebook anda bisa mengkategorikan friend list anda berdasarkan passion mereka, berdasarkan apa yang mereka beli dari anda, dan lain sebagainya, hal ini akan lebih membantu anda membangun komunikasi jauh lebih efektif dan lebih dalam terhadap teman-teman baik anda. karena seperti yang kita tahu di facebook kita punya 5000 teman, dan tentu saja tidak semuanya kita kenal dengan baik. Kita membangun akun untuk tujuan marketing & membangun networking, tentunya sangat tidak nyaman kalau ada pertemanan yang vacum komunikasianya…! bener gak?

Share Artikel ini jika anda rasa ada manfaatnya!

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)