Semakin maraknya penggunaan video marketing semenjak 2015 kemaren membuat banyak produk video marketing bermunculan bak jamur di musim penghujan, baik tutorial maupun tool, bahkan berbagai social media yang ada seolah berlomba-lomba untuk memanfaatkan moment ini untuk meningkatkan visibility mereka di mata usernya, tak tanggung-tanggung social media raksasa sekelas facebook pun tak mau ketingalan untuk ambil bagian di dalam hingar bingarnya potensi video marketing ini.

makanya jangan heran kalau facebook menempatkan video sebagai unsur tertinggi dalam membangun engagement. berikut statis reach berdasarkan report dari socialbakers.com

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, video menempati urutan teratas. Untuk mendapatkan jangkauan terbaik rasanya memang kita tidak bisa mengesampingkan penggunaan video di facebook.

Semakin berkembangnya video marketing belakangan ini, bisa dibilang persaingan terbesarnya ada pada youtube dan facebook yang kedua sudah mulai gencar mempromosikan fitur live streamingnya. Hal ini yang juga membuat kita sebagai marketer mulai bingung mana sebaiknya platform video marketing yang sebaiknya kita gunakan? terlebih keduanya memeiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bahkan saat ini, seolah-olah benar-benar ingin menjadi pesaing terberat youtube, facebook pun memberikan kesempatan kepada kita untuk membuat playlist (daftar putar) di fanpages kita.


Dengan membuat playlist ini tentunya banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, mulai dari banyaknya views, brand bisnis, dll. sudah anda menggunakan fitur playlist ini?

Menurut anda mana yang sebaiknya anda gunakan, platform video marketing terbaik mana yang harus kita pilih antara facebook video ataukah Youtube?

FACEBOOK VIDEO VS YOUTUBE

Kelebihan Youtube :

  • Youtube adalah search engine terbesar ketiga di internet yang sekaligus anak kandung Google sendiri, tentu potensi memberikan dampak traffic yang luar biasa selama anda bisa memanfatkan.
  • Youtube menyimpan potensi make money yang luar biasa, bahkan anda bisa secara langsung menguangkan video anda dengan menerapkan/memasang youtube adsense di video anda. (instant income)
  • Video Youtube sangat SEO friendly, dengan mengembed (menyematkan) video anda di website, keberadaan video akan sangat membantu website anda lebih mudah terbaca oleh search engine. Video Youtube anda lebih mudah untuk nangkring di halaman pertama daripada ketika anda menggunakan artikel biasa.
  • Efektif membangun brand baik personal maupun brand bisnis.

Kelebihan facebook Video :

  • facebook, penggunaan video memungkinkan jangkauan yang lebih luas, engagement yang lebi kuat, artinya jika anda menggukan video untuk iklan, iklan lebih murah dan dengan konversi lebih tinggi, tentunya kalau dibarengi dengan copywriting yang benar. Potensi jangkauan ini tentu saja tidak hanya berlaku ketika anda menggunakan ads (iklan) tetapi postingan lainnya akan tetap lebih bagus engagement-nya dengan video.
  • Potensi engagement dan tingkat interaksi lebih keren jika dibandingkan dengan youtube. ini menurut saya, tentunya hal kembali kepada bagaimana personal amupun bisnis branding yang anda bangun. yang anda alami bisa jadi sebaliknya
  • facebook video bisa anda kombinasikan dengan iklan dan konversinya keren, beberapa waktu lalu saya sempat promosi produk affilliate murni menggunakan video facebook dan hasilnya lumayan keren.
  • Sama hanya dengan youtube, video Facebook juga memungkinkan untuk kita embed, namun kelebihan lain yakni kemungkinan retargeting dengan views. dalam hal ini menurut saya retargeting video di facebook jauh lebih mudah karena kita bisa melakukan retargeting berdasarkan peresentase tingkat views.
  • Penggunaan live video jauh lebih simple dibandingkan dengan Youtube

Kekurangan Youtube :

  • User yang melimpah, artinya anda harus benar-benar tampil unique, usernya yang lebih dari 1,3 milyar bisa menjadi potensi market yang luar biasa, namun bisa jadi sebaliknya, user yang besar ini menjadi boomerang mana kala kita tidak siap dengan persaingan-persaingan ini.
  • Potensi banned yang GILA!, tidak bisa kita pungkiri bahwa hal yang membuat kita sering gigit jari ketika menggunakan youtube adalah banned, yang bikin sangat kesal adalah banned ini kadang dilakukan dengan tanpa alasan yang jelas, meskipun channel kita sudah mengikuti TOS (terms of service)-nya.

Kekurangan Facebook :

  • Fitur autoplay dengan audionya yang silence mengharuskan anda harus pintar-pintar dalam memaksa psikologi orang untuk melihat video anda.
  • Tidak dilengkap dengan fitur annotasi, sehiaanga untuk memaksimalkan call to action anda, anda harus jeli menempatkan call to action di video atau bagian deskripsi.
  • Unsur copywriting di bagian deskrispi mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan views.
  • Dukungan iklan sangat dibutuhkan baik untuk meningkatkan views, jangkauan dan like

KESIMPULAN :

Secara pribadi saya sendiri lebih cenderung untuk menggunakan Youtube untuk mendrive traffic gratisan dan membangun list, sementara facebook video lebih cenderung saya gunakan untuk tujuan iklan dan retargeting, idealnya saya mengupload satu video yang sama baik ke youtube maupun facebook secara bersamaan, (y). hal ini akan semakin memperluas para viewer saya.

Bagaimana menurut anda?

Silakan mulai berikan komentar anda, dan kita diskusikan bersama….

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)