Dengan lebih dari 1 milyar pengguna, facebook adalah raksasa dalam social media, tentunya jumlah pengguna yang besar ini adalah market yang potensial dalam mengembangkan bisnis & memperluas jangkauan market kita, Namun tentunya jumlah user yang melimpah tidak lantas serta merta jadi jaminan untuk membantu kita mendapatkan banyak penjualan dan lead, dll. Terlebih jika kita masih belum tahu bagaimana menggunakan dan memaksimalkan potensinya, bahkan terkadang sebagai marketer kita harus rela untuk “menjemput bola” dengan melakukan iklan untuk membidik mereka calon buyer kita agar tahu, mengenal dan membeli produk kita.

Jumlah user yang sedemikian melimpah, bisa jadi buah simalakama kalau kita tidak benar-benar melakukan analisa market. tentu saja kita harus benar-benar tahu apa sebaiknya produk yang kita jual & siapa yang menjadi ideal customer kita di facebook, kalau hal ini tidak anda lakukan, yang terjadi bukanlah profit seperti yang kita bayangkan, tetapi sebaliknya sakit yang sedemikian menggigit. Apalagi kalau bukan karena lebih besar pasak dari pada tiang. Jumlah biaya iklan kita keluarkan sedemikian besar tapi dengan hasil yang nol….

Nah di artikel khusus kali ini kita akan membahas cara membuat iklan di facebook, sedikit penjelasan sederhana yang insyaallah dan semoga saja bisa membantu teman-teman pengunjung setia blog ini.

Untuk melakukan iklan silakan anda kunjungi dashboard ads manager anda atau anda bisa masuk ke akun facebook anda lalu klik pada “Buat iklan” atau “Create Ads”

Tentunya dalam konteks ini kami mengasumsikan bahwa anda sudah punya halaman facebook (fanpages) sebelumnya, jika anda masih belum punya, silahkan play video berikut ini!

OK, berikut beberapa langkah super penting bagaimana memulai iklan pertama facebook anda…

1) SET GOAL UTAMA ANDA DALAM IKLAN

Menurut saya, Salah satu yang menjadi kesalahan pertama yang dilakukan marketer pemula dalam beriklan adalah mereka tidak menentukan goal utamanya,

Aliasa mereka tidak menentukkan Apa sih tujuannya dalam beriklan… ??

karena seperti yang mungkin sudah anda tahu, Ada beberapa goal dalam iklan kita yang tentu tidak bisa semeuanya kita pakai seacara bersamaan, dalam satu iklan, kita harus menentukan goal utama sebelum benar-benar menjalankan, apakah kita mau memperluas jangkauan status kita, mendapatkan like, atau langsung berorientasi pada penjualan. berikut beberapa goal yang sebaiknya anda tentukan terlebih dahulu sebelum benar-benar memulai iklan pertama anda :

  • Tingkatkan traffic ke website
  • Meningkatkan jumlah attendance di event kita buat
  • Mendapatkan sales & buyer
  • mendapatkan lead
  • meningkatkan engagement di fanpage
  • Meningkatkan jangkauan status ke market yang lebih luas

Coba anda perhatikan kembali goal di atas…
Ada beberapa objektif bukan, ada beberapa tujuan bukan….?

Misalkan saja ketika anda beriklan dan orientasi utamanya anda adalah meningkatkan jangkauan, maka usahakan buat status yang mengundang reaksi baik like, comment maupun share, bukan status yang sifatnya berjualan secara explisit, hal ini biasanya kita lakukan di awal untuk mengukur sejauh mana ketertarikan market terhadap produk kita, sekaligus meningkatkan visibiltas fanpage yang kita bangun atau membangun kolam iklan untuk iklan-iklan jualan berikutnya.

Dalam konteks membangun engagement ini, anda jangan terlalu berharap pada sales yang anda dapatkan, karena orientasi kita adalah meningkatkan jangkauan, kalaupun ada sales itu hanya sekedar bonus.

Semoga anda bisa mendapatkannya pointnya ya…!!

Nah, begitu pula sebaliknya, ketika orientasi anda mendapakan sales atau langsung berjualan, engagement menjadi tidak sebegitu penting dibandingkan orientasi utama, yakni berapa banyak sales yang kita bisa dapatkan. Di sinilah kenapa kita harus benar-benar menentukan goal utama iklan kita! penentuan ini akan mempermudah kita dalam menentukan objektivitas iklan kita sekaligus mempermudah proses penyusunan kalimat promosi sesuai dengan goal tersebut. Yes, goal anda akan sangat berpengaruh terhadap copywriting yang anda gunakan nantinya pada iklan.

2) TENTUKAN OBJEKTIF IKLAN

Ketika pertama kali anda membuat iklan, berikut tampilan yang anda dapatkan…

Seperti yang saya sampaikan di atas, goal anda sangat menentukan bukan..

Berdasarkan screenshoot ada 3 objektivitas dalam beriklan yakni Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration) dan Konversi. Berikut penjelasan detailnya…

  1. Kesadaran (Awareness) : Objektif utamanya adalah memperkenalkan brand bisnis anda, mendapatkan interest calon buyer terhadap jasa/produk yang anda jual. Anda bisa gunakan objektivitas ini jika orientasi iklan anda adalah memperkenalkan dan/atau membangun brand bisnis anda.
  2. Pertimbangan (Consideration) : Objektif utamanya adalah mendapatkan sales, membuat orang mengenal dan mempelajari lebih jauh bisnis anda, produk apa yang anda tawarkan. Anda bisa gunakan objektivitas ini jika orientasi iklan anda adalah mendapatkan traffic ke website anda, mendapatkan sales atau supaya mereka yang melihat segera take action membeli produk anda. tentu saja hal ini akan sangat efektif kita brand anda sudah dikenal oleh calon buyer anda.
  3. Konversi (Conversion) : Objektif utamanya adalah mendapatkan  sales, meningkatkan penjualan produk anda (sales), khususnya kepada mereka yang sudah mengenal produk/jasa anda sebelumnya.

Jika kita perhatikan dengan seksama, objektivitas ini merupakan satu kesatuan utuh yang seolah berjenjang satu sama lain. Facebook seolah menyarankan langkah ini, Anda harus memperkenalkan produk anda terlebih dahulu, jika sudah kenal baru kemudian mulai untuk menjual produk, jika sudah terjual saatnya tingkatkan potensi penjualan dengan meningkatkan konversinya.

Lalu, apakah harus sedemikian saklek (terikat) langkahnya?

Tentu saja tidak, anda bisa jadi mendapatkan sales hanya dengan melakukan iklan engagement. atau sebaliknya anda hanya mendapatkan like dan share saja ketika iklan yang anda jalankan berioentasi pada sales, yes…!, ini bagian dari rejeki-Nya, namun yang pasti, saya meyakini betul bahwa orientasi anda berpengaruh jenis dan pola iklan yang nantinya anda buat. dan rejeki-Nya akan lebih mudah anda dapatkan jika anda benar-benar memahami ilmunya.

3) SET NAMA IKLAN

Jika kedua langkah di atas sudah selesai, sudah saatnya men-setting nama iklan anda. Anda bisa mensetting nama iklan anda sesuai dengan objektivitas iklan anda.

Dalam setiap proses pembuatan iklan sendiri, ada 3 level yang harus anda pahami, yakni kampanye, Ad set dan Ad. berikut penjelasannya…

Setiap kampanye yang anda buat memiliki ad set. 1 kampanye bisa memiliki satu atau lebih ad set, dan dalam ad set sendiri anda bisa kembali men-splitnya ke dalam beberapa iklan.

Hal ini, tentu saja dilakukan oleh facebook untuk memudahkan kita, para advertisernya dalam melakukan split testing, mana produk yang paling bagus konversinya, seperti apa sebaiknya copywriting kita gunakan.

4) TENTUKAN SIAPA TARGET IKLAN ANDA

Langkah selanjutnya, adalah menentukkan siapa yang menjadi bidikkan iklan anda, di sini seperti yang anda lihat pada gambar, kita punya 2 pilihan dengan cara Buat Baru Atau Gunakan Pemirsa Tersimpan (jika sebelum anda menyimpan audience anda.

Sebagai contoh kita asumsikan untuk buat audience baru saja ya…,

Nah di sini anda bisa mulai menentukan siapa yang nantinya melihat iklan anda, inilah langlah yang menurut saya paling penting untuk menentukan seberapa besar penjualan, sales atau ROI (return of investment) yang nantinya bisa anda dapatkan

di sini anda harus bisa menentukkan calon pembeli anda berdasarkan demografinya :

  • Lokasi (Location), di sini anda bisa menentukan di mana calon buyer anda tinggal, tentu saja hal ini kembali kepada siapa audience anda, produk apa yang anda jual, seberapa besar jangkauan market yang mau anda jangkau dengan iklan.anda bisa membidik audience anda berdasarkan negaranya (country), state (provinsinya) city (kota) yang bahkan saat ini facebook mendukung penggunaan map yang akan mempermudah kita membidik audience lebih tepat sasaran.
  • Age (umur), Tidak semua produk cocok untuk semua umur, ada produk yang sifatnya hanya dibutuhkan oleh mereka dnegan interval umur tertentu, Anda bisa membidik orang berdasarkan interval umurnya di facebook.
  • Gender, Siapa sih calon pembeli anda? laki-laki saja atau perempuan saja, atau mungkin keduanya, Nah di sini anda bisa tentukan bidikan dengan men-setting gendernya. karena ada kalanya produk yang sifatnya hanya dibutuhkan oleh gender tertentu
  • Languages (bahasa), Bahasa apa yang mereka gunakan. Jika market anda berskala international maka kemungkinan market languange yang digunakan adalah bahasa inggris, spanyol, protugis, dll. namun jika bidikan market anda bersifat lokal anda bisa membidik market berdasarkan bahasa indonesia atau bahasa lokal sesuai dengan lokasi yang anda bidik.
  • Interests (Ketertarikan, Minat) – Minat yang dimiliki oleh calon buyer anda, sederhananya adalah sesuatu yang ada keterkaitan dengan produk yang anda jual
  • Kebiasaan (Behaviors) – Kebiasaan yang dilakukan oleh calon pembeli anda, misalnya device apa sih yang mereka gunakan.
  • Hubugan (Connections) – Pilih semua orang yang ada di facebook atau hanya mereka, orang yang terhubung dengan fanpages anda.

Untuk dapatkan hasil yang maksimal, pastinya anda dituntut untuk memahami betul siapa dan bagaimana karakteristik calon pembeli produk anda, Anda harus menentukkan pula sejauh mana produk nantinya anda jual, sampai sejauh mana sasaran market anda…

ini penting!
karena ada kalanya sebuah produk berskala penjualan yang bersifat kedaerahan. khususnya jika memang anda hanya menjangkau mereka calon buyer yang ada di sekitar anda.

Perhatikan contoh di bawah ini, pada penargetan minat di sini saya membidik minat interest “Bisnis Dari Rumah, Peluang Bisnis Online” dan halaman atau interest lain yang terkait dengan niche make money online (MMO), karena saya mempromosikan produk-produk dengan niche ini.

di sini anda bisa menentukkan detail interest sesuai dengan market anda, sesuai dengan produk/jasa yang anda promosikan & jika diperlukan anda bisa kecualikan orang atau persempit pemirsa anda untuk dapatkan audience yang lebih tertarget.

Jika semua langkah penentuan audience ini sudah selesai, anda bisa juga menyimpan audience anda jika anda butuhkan dengan klik tombol “simpan pemirsa ini”

5) SET PENEMPATAN IKLAN

Jika langkah menentukan demography audience anda sudah selesai, tinggal menentukkan penempatan (placement) ilklan anda. di sini anda memliliki 2 opsi yaitu : penempatan otomatis berdasarkan saran yang diberikan oleh facebook atau menggunakan pilihan yang kedua, dengan sunting penempatan untuk menentukkan penempatan iklan lebih lanjut sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Secara pribadi saya cenderung menggunakan penempatan otomatis, meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan anda bisa men-setting penempatan iklan sesuai keinginan anda sendiri dengan memilih pilihan yang kedua.

Penjelasan lebih lanjut tentang placement iklan ini bisa anda pelajari selengkapnya di sini.

Jika anda melakukan pilihan ke dua, berikut pilihan penempatan yang bisa anda gunakan :

Seperti yang anda lhat pada gambar di atas, anda bisa menentukan placement iklan Berdasarkan

  • jenis perangkat yang digunakan :
  • Platformnya : facebook, Instagram atau audience network-nya
  • OPSI LANJUTAN : di mana dalam opsi ini anda bisa menentukan apa perangkat seluler yang digunakan oleh calon buyer anda.

6) ATUR BUDGET IKLAN

Jika langkah demi langkah di atas sudah selesai, tinggal menentukkan budget iklan anda…

Untuk settingan anggaran anda bisa menentukkan budget berdasarkan budet harian anda sesuai dengan kapasitas budget yang anda miliki.

Berapa besar anggarannya..??

Beberapa waktu lalu ketika training gratis 24 Jam sales dengan facebook saya bagikan, banyak sahabat yang bertanya berapa budget yang harus saya keluarkan untuk iklan di facebook? berapa besar investasi saya untuk bisa mulai iklan di facebook?

Nah untuk besarnya anggaran, pastinya saya tidak bisa mendikte anda harus mengeuarkan sekian ribu atau sekian juta rupiah, karena hal ini tentu saja kembali kepada beberapa variabel penentu iklan anda di facebook, yang salah satunya juga adalah kemampuan budget anda. Jika anda masih pemula anda bisa mensetting iklan anda misalnua dengan Rp. 20.000/hari, 50.000/hari dan seterusnya…

Selain menggunakan setting budget harian atau anda bisa juga mensetting pembayaran iklan sekaligus untuk membelanjakan iklan anda dengan mensettingnya di bagian Anggaran Sepanjang masa Promosi (Automated Budget) tentu jika dana tersebut sudah habis maka secara otomatis iklan anda akan berhenti.

7) JALANKAN IKLAN ANDA

Langkah berikutnya jika semua dirasa sudah selesai, Saatnya menjalankan iklan anda, di sini anda di hadapkan lagi-lagi pada dua opsi, yakni pilihan “Buat Iklan Baru” atau pilih dan “Gunakan Kiriman yang ada”.

Jika mengguanakan iklan baru, saat ini facebook memberikan 5 format iklan yang bisa anda pilih, yaitu :

  • Carosel : Buat iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang bisa discroll
  • Single image : gambar tunggal, Anda bisa membuat hingga 6 jenis varian gambar iklan
  • Single Video : Video Tunggal, Anda gunakan untuk membuat iklan dalam format video
  • Slideshow : buat iklan video yang terdiri dari beberapa gambar iklan. jika anda minim kemampuan editing video dan mau membuat iklan video, anda bisa upload gambar anda dan mengkonversikannya ke bentuk video dengan opsi slideshow ini.
  • Canvas : Tell a more immersive story by combining images and videos

Mari lihat penampakkannya…

Bagaimana kalau menggunakan status yang sudah ada?

Tentu saja anda tinggal klik bagian “Gunakan Kiriman yang ada”. Tinggal pilih mana fanpages yang anda inginkan dan posting status mana yang anda ingin promosikan.

Jika semua langkah di atas sudah selesai, langkah terakhirnya tinggal preview iklan dengan klik “tinjau iklan” atau klik tombol “Lakukan pemesanan” untuk mulai jalankan iklan facebook pertama anda.

dan tereeeng….

Anda siap action dengan iklan pertama anda di facebook, tinggal menunggu review dari pihak dan kalau sudah diapprove iklan anda langsung jalan

Bagaimana mudah bukan? Jika anda ada pertanyaan silahkan berikan komentar anda di bawah dan mari kita berdiskusi.

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

One Response to “Tutorial Dasar : Cara Membuat iklan pertama anda di facebook”

Leave a Reply

  • (will not be published)