Anda yang mungkin sudah menggunakan facebook ads, mungkin tidak asing dengan istilah retargeting ini, namun dari beberapa email yang saya terima, banyak teman-teman yang sampai saat ini masih belum tahu apa itu retargeting.

OK, di artikel khusus ini kita akan bahas Apa itu retargeting dan kenapa anda harus coba?

retargeting adalah proses di mana kita mentarget ulang orang yang sudah pernah berkunjung ke website kita. Sesuai dengan namanya “retarget” tentu tujuannya utamanya adalah untuk menangkap kembali prospek/traffic yang masuk ke website kita.

Berikut prosesnya..

 

Seperti yang anda lihat di gambar di atas, sederhananya retargeting adalah proses memanggil ulang calon prospek yang sudah pernah datang ke website anda.

Kenapa Retargeting harus anda lakukan?

Ketika ada sesorang yang berkunjung ke website anda, katakan si visitor ini membaca sales letter anda misalnya, dan mereka tidak take action dengan penawaran yang anda berikan, Anda bisa mentarget ulang mereka dengan iklan, dalam hal ini menggunakan facebook ads, proses target ini ulang yang disebut retargeting.

di mana seperti yang kita tahu, kebanyakan orang tidak akan langsung membeli produk kita ketika mereka pertama kali berkunjung, proses ini akan membantu mereka (prospek) untuk mengingat kembali offer produk anda. Nah dengan retargeting ini kita akan mendapatkan 3 keuntungan :

  • Melakukan follow up dan/atau mengingatkan prospek anda untuk take action dengan apa yang anda jual/promosikan
  • Membangun brand awareness produk maupun bisnis anda.
  • Meningkatkan konversi penjualan & Return of investment (ROI), retargeting memungkinkan iklan hanya kepada mereka yang sudah pernah membaca penawaran anda, mengenal anda sebelumnya, artinya dalam hal ini kemungkinan konversi akan jauh lebih bagus.

Lalu bagaimana caranya retargeting Iklan di facebook ini?

untuk menjalankan retargeting ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita tempuh, namun untuk anda yang masih pemula anda bisa membuat custom audience. caranya, silakan masuk ke ads manager anda dan masuk ek bagian “audiences”

ketika anda klik tombol Custom Audience di atas, maka akan muncul pilihan berikutnya sebagaimana yang anda lihat pada gambar berikut :

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, custom audience ini bisa anda bangun dengan beberapa cara :

  • Customer file : kita gunakan untuk meraget pelanggan sebelumnya, anda bisa mengupload data email pelanggan anda, nomor HP, dll sebagainya.
  • Website traffic : digunakan untuk meretarget visitor/prospek yang daan ke website kita. ini yang kita gunakan untuk meretarget visitor kita
  • App activity : kita gunakan untuk meretarget mereka yang sudah berintrekasi dengan app yang kita buat.
  • Engagement on facebook : retargeting berdasarkan engagement atau interaksi di facebook. Kita akan bahas ini secara lebih spesifik di artikel lainnya

di pembahasan kali ini kita akan bicara lebih spesifik soal retargeting dengan website traffic, Sebagai contoh, misalkan saya ingin meretarget orang yang masuk ke website saya , maka di sini kita bisa memasukkan alamat website kita dan mengatur nama audience kita.

Jika anda punya beberapa offer sekaligus dalam satu website yang sama, anda bisa melakukan detail retargeting dengan memasukkan halaman khusus anda, Anda bisa gunakan “Visit specific web pages” sebagaimana gambar ini

Adapun untuk mendapatkan kode pixel-nya, anda bisa klik tombol gear di bagian kiri bawah lalu copy-paste kode ini untuk anda tempelkan ke website anda.

Bagaimana mudah bukan?

Selebihnya tinggal kita pasang kode pixel ini ke website kita, Jika anda pengguna wordpress, untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan PLUGIN Gratisan untuk ini. tehnik detail penggunaan plugin ini akan kita bhas di artikel lainnya, supaya tidak terlalu panjang di sini.

Adapun jika anda pengguna blogger blog (blogspot) anda bisa baca cara pemasangan kode pixel facebook di link berikut ini :

>> RETARGETING KODE DENGAN BLOGSPOT

Nah,untuk melakukan checking apakah pixel yang anda tanamkan di website bekerja dengan baik anda bisa menggunakan extension Facebook Pixel Helper, Klik di sini untuk menginstall extension ini ke browser anda, sekedar catatan, plugin tersebut adalah ekstensi untuk google chrome, artinya untuk bisa menggunakannya anda harus menggunakan chrome browser.

Seperti berikut penampakkan FB Pixel helper ini…

Penjelasan detail penggunaan facebook pixel helper ini bisa anda baca detailnya di sini.

Perlu anda ketahui juga bahawa Saat ini facebook sudah bisa melakukan retarget iklan langsung ke dalam inbok prospek kita. artinya dengan cara ini kita bisa lebih menekankan konversi penjualan, karena

Baca juga : Cara RETARGETING NINJA

Bagaimana mudah banget bukan menerapkan tehnik retargeting ini? Jika anda masih belum memahami konsepnya atau anda ada pertanyaan silahkan berikan komentar anda, Insyallah sesegera mungkin kami akan menjawabnya.

JANGAN LUPA SHARE YA JIKA ARTIKEL INI BERMANFAAT!

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)