Belakangan ini penggunaan social media menjadi sangat popular baik di kalangan marketer ataupun non marketer online, hal ini tentu menambah benefit kita sebagai pelaku marketing online, artinya semakin maraknya penggunaan video marketing semakin banyak pula tehnik “make money” yang bisa kita lakukan.

Apa dan bagaimana sih cara menghasilkan Uang dari video youtube itu?

  1. Youtube Adsense

    Jika anda membuka salah satu video mungkin anda akan menemyukan tampilan sebagaimana yang anda lihat di gambar berikut :

    cara-hasilkan-uang-dari-youtube
    Jika anda lihat individual videonya kemungkinan inilah yang anda dapatkan..

    cara-menghasilkan-uang-dengan-youtube
    Anda bisa melihat ada iklan yang dipasang di video yang anda uplod di Youtube, Artinya anda sebagai pengupload video (publisher) di sini bisa mendapatkan income dari Google Adsene (Youtube Partnership)

  2. Youtube Affilliate / CPA

    Penggunaan youtube sebagai media mendrive traffic ke Affilliate atau CPA adalah salah satu tehnik monetize yang banyak dilakukan oleh marketer, Tapi jangan salah penggunaan Youtube + Affilliate bisa berimbas banned-nya akun anda. Terlebih jika anda menggunakannya untuk Affilliate sekaliber clickbank, JVZoo, Amazon, dll. Kalau tidak dilakukan dengan hati-hati.

  1. Youtube + Jualan Produk/Jasa Anda sendiri.

    Seperti yang anda tahu, Youtube adalah anak kandung Google yang sekaligus search engine terbesar setelah Google, artinya selain dengan tujuan mencari hiburan ada banyak orang ke youtube unutuk mencari info terkait dengan tehnik atau produk yang mereka butuhkan, anda pun bisa manfaatkan keampuhan SEO Youtube untuk berjualan produk/asa yang saat ini anda miliki.

Untuk belajar SEO Youtube Silakan Baca ini : Tehnik SEO Youtube Yang Wajib Anda tahu

Dari berbagai video youtube saya, secara pribadi saya sering mendapatkan banyak tawaran termasuk permintaan pembuatan video komersiil. Artinya hal ini menambah pundi-pundi income yang saya hasilkan.

  1. Youtube + Sponshorship

Pernah dengar istilah ini bukan? Semakin membludaknya viewer di Youtube semakin mudahnya mengakses video secara online menjadikan banyak kemungkinan yang kita dapatkan, di luar sana banyak perusahaan yang membutuhkan jasa kita, para youtuber untuk mempromosikan produk mereka. Asalkan subcriber dan views yang kita dapatkan sudah banyak.

Coba anda perhatikan screenshoot berikut ini :

cara-menghasilkan-uang-dengan-youtube2

 

Pernahkah anda berfikir si creator video melakukan hal ini secara “GRATIS?” Bagaimana kalau si video creator mereview banyak produk di channelnya? bukankah di dia keluarkan banyak modal untuk hal ini. Di awal mungkin video creator (youtuber) harus mengeluarkan biaya sendiri, namun jika channel branding sudah terbangun, Authority-nya sudah bagus, yang jadi justru sebaliknya.

Anda lihat screenshoot di atas, Owner video di atas menampilkan produk Handphone untuk direview, tentu saja ada imbas yang dia dapatkan, apalagi kalau bukan komisi dari pihak yang membutuhkan jasanya, Anda harus memahami polanya, ini bisnis!, Yang terjadi pada video di atas adalah win-win solution antara si video creator dengan perusahaan terkait.

Perusahaan tersebut (dalam contoh di atas adalah produsen HP) rela membayar jasa sang Youtuber agar menampilkan produk untuk direview dan ditampilkan di videonya, anda tahu keuntungan yang didapatkan perusahaan ini bukan? Yup, apalagi kalau bukan Produknya bisa jadi sangat laku setelah ditampilkan dalam video sang youtuber. atau kemungkinan keduanya si Youtuber menyelipkan link affilliate di deskripsi videonya.

Point-nya adalag si Youtube mendapatkan bayaran dalam hal ini Atau setidaknya si video creator bisa mencicipi produknya secara gratis.. Inilah yang saya maksud dengan sponshorship.

Win-win solution!

Bahkan kalau kita amati, banyak youtuber yang menerapkan tehnik double atau cross selling, yakni Adsense + Sponshorship. Bisa bayangkan berapa banyak income yang mereka hasilkan?

  1. Youtube + List Building

    Secara pribadi saya sangat menyukai list building. Untuk itulah saya menggunakan youtube untuk mendrive dan mengenerate lead demi lead tertarget untuk promosi produk/projek ataupun jasa ke depannya, dengan menerapkan list building ini, tehnik monetize yang saya lakukan bisa lebih berkembang, lebih banyak dari 5 tehnik yang saya sebutkan di atas, monetize-nya bisa berulangkali bahkan sangat simple melakukan cross selling produk.

Khusus untuk teman-teman saya sudah gabung di Training Jago Youtube, Silakan pelajari Tehnik Youtube List builsing ala saya TUBE LIST BUILDING HERO, Insyallah profit yang maksimal akan lebih mudah anda dapatkan.

Bagaiamana? Ada banyak sekali tehnik dan cara menghasilkan uang (montise) yang bisa kita lakukan terhadap video-video bukan?

Kita bahkan bisa berlakukan beberapa tehnik monetize Sekaligus secara bersamaan. Lalu masihkah anda rela hanya menjadi penonton dan bilang “asyik” ketika melihat video di Youtube, kata “asyik” anda menghasilkan income bagi kami para Youtuber. Heheehe….

Cukup sekian dulu ya artikel Cara menghasilkan Uang Dari Youtube kali kita akan sambung lain hari. Yang mau gabung training Gratis silakan klik di sini :
Gabung Juga ke Group facebook Khusus yang saya siapkan di sini : https://www.facebook.com/groups/1027539783956598/

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)