Saat ini banyak pemain internet marketing yang menggunaan elemen video marketing seabgai bagian dari promosi mereka, termasuk dalam penggunaan video marketing, terlebih seperti yang mungkin sudah anda tahu, saat ini facebook pun sudah meluncurkan facebook live streaming-nya,

Kenapa sih harus menggunakan video ads di facebook?

Salah satu point penting dalam facebook marketing adalah engagement. Dan menurut data research yang dilakukan oleh buffer.com, video ternyata 3 kali lebih powerful, lebih efektif untuk membangun engagemenet di facebook. Penggunaan video ternyata bisa meningkatkan visibilitas status kita, sehingga akan semakin banyak orang melhat video kita,

Pertama : 3 detik pertama adalah kuncinya,

Facebook video menerapkan autoplay dalam desktop maupun mobile, di mana point pentingnya adalah orang akan melihat video anda dalam 3 detik pertama, jika menurut para viewer video anda bagus, mereka akan melanjutkan sampai selesai, sebaliknya jika dalam 3 detik awal video anda dianggap “biasa-biasa saja” mereka tidak akan melanjutkan sampai selesai. Jadi apa yang sebaiknya anda lakukan?

Kedua : Gunakan headline yang menarik

Apapun media yang anda gunakan, apakah itu text ataukah video, anda tidak bisa melupakan unsur copywriting, karena di sinilah anda menyampaikan seruan untuk melihat video anda, kekuatan copywriting akan sangat berpengaruh kepada sebarapa bagus views dan engagement yang anda dapatkan, Kombinasi powerful antara headline dan konten video anda akan semakin menambah daya gedor iklan anda,

Ketiga : Tunjukkan siapa anda…

Apapun uang anda jual, kunci salesnya adalah trust” alias rasa pecaya orang terhadap kita, iklan di facebook membantu kita menjangkau market yang lebih besar. Dengan memperkenalkan diri anda dan bisnis yang anda jalankan, anda akan lebih mudah membangun komunikasi dengan calon prospek anda. Sentuhan personal dalam hal ini akan memudahkan anda berkomunikasi lebih lanjut dengan calon prospek anda, terlebih jika nantinya anda mengguanakan retargeting iklan ataupun email marketing. hasilnya akan sangat bagus untuk membangun trust sekaligus menjaring prospek anda.

Meskipun langkah ini cenderung optional namun sepanjang pengalaman saya, hal ini sangat efektif untuk follow up prospek di kemudian hari. apalagi facebook saat ini menerapkan retargeting berdasarkan views.

Keempat : Berikan value sesuai dengan niche & passion audience anda.

Konten adalah raja dan kemenarikkan sebuah konten menjadi nilai & daya tarik tersendiri ketika anda terlebih jika menggunakannya untuk media iklan, selain membangun trust konten yang menarik akan meningatkan engagement, Ingat facebook itu adalah social media. untuk memaksimalkan konsep dan prinsip mrketing di dalamnya anda harus berprilaku social. sebagian orang menggunakan kemenarikkan konten akan meningkatkan engagement video itu sendiri. sebisa mungkin persiapkan dengan baik video anda.

Kelima : Selalu berikan Call To Action di video anda


Call to action (CTA) akan membantu anda mendapatkan lebih banyak klik ke offer atau website anda. dengan menyematkan CTA ini, kita sebagai pengiklan akan lebih diuntungan

Keenam : Tambahkan caption ke dalam video anda.

Jika sebelumnya anda sudah menggunakan, anda mungkin sudah familiar dengan yang namanya caption video. Nah penggunaan caption ini di alam video facebook juga

Ke tujuh : Gunakan Thumbnail image yang menarik

Ke delapan : Lakukan crossposting terhadap fanpage lain yang seniche.

Jika anda punya beberapa halaman sekaligus dengan niche yang sama, anda bisa melakukan crossposting. crosspoting akan membantu video anda mendapatkan lebih banyak views dari masing-masing fanpages anda. tentunya dalam hal ini semakin banyak views akan memudahkan kita mendapatkan prospek yang lebih tertarget dengan mengandalkan retargeting iklan berdasarkan views.

Ke sembilan : Lakukan retargeting iklan

Seperti yang mungkin sudah anda tahu saat ini, bahwa selain bisa menanamkan pixel ke website, facebook bahkan menyediakan fitur custom audience berdasarkan engagement di facebook sebagaimana tampilan yang anda lihat di secreenshoot di bawah.

dengan fitur ini kita akan lebih mudah melakukan retargeting iklan berdasarkan siapa yang melihat video kita. di sinilah juga kenapa di atas saya tuliskan bahwa sentuhan personal akan memberi imbas sangat bagus pada performa iklan anda di kemudian hari. tentunya jika kita melakukan retargeting iklan.

ketika melakukan promosi, tentu orang tidak akan langsung take action terhadap penawaran kita, kecuali jika sebelumnya mereka sudah mengenal baik siapa kita dan offer-offer kita sebelumnya di sinilah kita perlukan yang namanya follow up. Follow up-nya tentu bermacam-macam tergantung apa yang biasa anda gunakan, email marketing misalnya, dll. nah di sini kita bisa melakukan follow up dengan meretarget viewer kita.

sebagai contoh dari iklan saya berikut ini…


seperti yang lihat di screenshoot di atas, ada 14000 orang yang terjangkau oleh iklan saya, namun hanya 4800-an orang saja yang melihat video saya di mana dari 4.800an ini tidak semuanya adalah prospek dan buyer. di sinilah keuntungannya menggunakan video ads. kita bisa meretarget mereka yang sudah melihat video kita.

Ke sepuluh : Jangan menggunakan video dengan durasi yang terlalu panjang

Ingat point penting di facebook marketing bukan? salah satunya adalah engagement. di mana point ini yang harus anda ingat adalah video dengan durasi yang panjang akan berakibat pada kebanyakan orang yang biasanya akan enggan menyelesaikan video sampai akhir. imbasnya engagement akan menurun.

Bahkan menurut social bakers, video yang paling bagus retensinya berdasarkan durasi adalah video dengan di bawah 21 detik. wow fakta yang mencengangkan bukan?

Demikian 10 tips penggunaan video ads di facebook kali ini, Bagaimana menurut anda? Segera berikan komentar anda di bawah ini untuk mulai berdiskusi!

Completed   out of  
Share From the Options Below.
(Make sure there are No Pop up Blockers)
(required)
Share on Google+
Your free Gift is coming your way!!

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)