Seperti yang sudah kita bahas di berbagai postingan artikel sebelumnya point utama dalam video marketing dengan social media baik ketika menggunakan Youtube maupun facebook video adalah banyak views, subscriber yang kita dapatkan, semakin banyak views yang kita dapatkan akan berbanding lurus dengan kemungkinan income yang bisa kumpulkan, ini menurut saya. terlebih lagi jika views-nya benar-benar tertarget kita bisa menghasilkan income hanya dengan satu video saja πŸ™‚ πŸ™‚

Nah di artikel khusus kita kali ini, kita akan bahas tips khusus untuk youtube, kebih tepatnya adalah checlist 10 Langkah yang harus dilakukan Youtuber setelah upload video

SILAHKAN PLAY VIDEO BERIKUT INI…

Bagaimana cukup mudah dipahami dan dipraktekkan bukan??

OK, Kita akan “preteli” lebih dalam langkah-langkahnya :

10 Langkah yang harus dilakukan Youtuber setelah upload video

1) PASTIKAN JUDUL VIDEO ANDA MENARIK & MENGANDUNG KATA KUNCI

Salah satu faktor paling penting dalam SEO Video di Youtube adalah penggunaan judul, tentunya di sini seperti banyak yang marketer sarankan, jangan cuma fokus di SEO, buatlah judul yang menarik di mata orang tetapi dengan tetap menekankan nilai SEO itu sendiri. anda bisa mengkombinasikan kemenarikkan judul dengan SEO video, Dalam konteks ini anda bisa menggunakan 6 tool keyword research untuk Youtuber ini.

OK, sebagai contoh sederhana misalnya ketika anda membidik kata kunci Uang dari Facebook Misalnya, maka kombinasikan yang bisa anda lakukan :

  • Heboh, 10 Cara ini Bisa Membuat anda Dapat Uang dari Facebook.
  • Mau Uang Dari Facebook? Orang ini hasilkan 15 Juta Rupiah per hari dari facebook.

ini sekedar contoh ya!, Tapi saya yakin anda bisa menangkap pointnya, kami sengaja membuatnya dengan bahasa yang sangat sederhana agar anda yang pemula sekalipun bisa mengikuti, Nah di siniΒ  kemenarikkan sebuah judul adalah unsur psikologi yang kita tekankan agar orang lebih greget melihat video kita sementara kata kunci membantu search engine membaca tentang apa video kita.

Seperti yang anda lihat pada contoh di atas, kombinasi antara kemenarikkan judul dan SEO, akan sangat meningkatkan popularitas dan views video anda.

2) TAMBAHKAN DESKRISPI DENGAN KATA KUNCI

Sebagaimana yang mungkin sudah anda tahu, ada 500 kata di setiap deskripsi video yang bisa anda gunakan. deskrispi akan mempemudah search engine membaca tentang apa video anda, tentunya tujuan utama adalah untuk memaksimalkan SEO video anda, anda bisa menambahkan deskripsi dengan menggunakan kata kunci-kata kunci terkait dengan keyword yang anda bidik, dalam hal ini sebaiknya kata kunci yang anda gunakan tidak terlepas jauh dari kata kunci yang anda gunakan di judul.

Jika judul menggunakan 2 pendekatan, pendekatan psikologis dan SEO, maka penguatan SEOnya bisa kita lakukan dengan mengematkan kata kunci demi kata kunci di bagian deskripsi ini.

3) TAMBAHKAN TAG VIDEO YANG RELEVAN DENGAN KATA KUNCI

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan judul & deskripsi video, tag juga elemen yang sangat penting untuk membantu search engine menmbaca video anda. dalam konsep dasar SEO youtube sendiri, judul, deksrispsi dan tag adalah komponen dasar SEO yang merupakan satu kesatuan utuh yang saling mendukung satu sama lain.

Pastikan anda Baca Juga 6 tool keyword research untuk Youtuber

4) TAMBAHKAN CUSTOM THUMBNAIL

Custom thumbnail adalah cover video di youtube, yang kalau saya boleh katakan merupakan salah satu faktor penting untuk daya gedor views video anda. karena seperti yang sudah sering kali saya sampaikan baik via artikel blog maupun email newsletter, dalam konteks social media, visual design sangat menentukan efektivitas campaign yang anda lakukan, termasuk ketika anda menggunakan media youtube.

perhatikan gambar di atas, Sebagai yang mungkin anda rasakan juga ketika anda membuka Youtube.com. hal pertama yang anda lihat sebelum melihat lebih jauh sebuah, kemenarikkan cover adalah hal pertama yang membuat kita tertarik untuk mempelajari atau melihat lebih jauh sebuah video. Sederhana banget, thumbnail anda akan lebih mudah mendapatkan views.

5) TAMBAHKAN CALL TO ACTION DI VIDEO

Apa tu call to action?

Sederhananya Call to Action di sini adalah perintah yang kita berikan kepada viewer, perintah tentunya bukan dalam konteks yang memaksa, tetapi lebih ke request akan sesuatu. misalkan perintah ini bisa berupa permintaan klik link yang sediakan, Klik tombol subscribe, dll.

di sini anda bisa menambahkan Call To Action baik dalam konten video anda, maupun dengan menggunakan Annotasi maupun end card slate. Apa itu end card, baca penjelasan detailnya di sini..!!

6) AKTIFKAN MONETISASI VIDEO

Ada banyak sekali tehnik monetisasi yang bisa anda lakukan terhadap video-video youtube anda A sampai Z pokoknya, πŸ™‚ πŸ™‚ Nah, Jika monetise utama video adalah Youtube adsense, tentunya langkah aktivasi monetisasi video adalah hal mutlak untuk anda lakukan untuk dapatkan instant komisi dari Google.

Jika anda belum tahu, bagaimana mengaktifkan monetisasi video anda, silahkan anda lihat video berikut ini:

YES, ANDA DIBAYAR OLEH YOUTUBE HANYA DENGAN UPLOAD VIDEO…

Bagi anda yang siap menuangkan ide, pengetahuan, tutorial anda youtube, anda bisa mendapatkan bayaran dari google melalui Youtube Adsense ini. Coba Jalankan langkah yang kami sampaikan pada video di atas, dan siap dengan channel yang siap menghasilkan income secara passive.

Selain Youtube Adsense ini, anda bisa bisa juga kembangkan monetisasi ke yang lain, misalnya memberikan training premium anda, promosi produk Affilliate, pokoknya bejibun banget!, untuk penjelasan lengkapnya silahkan anda baca di sini

7) TAMBAHKAN VIDEO KE PLAYLIST YANG ANDA BUAT

Sudah pernah membuat video playlist di Youtube? jika belum silahkan lihat dulu video berikut :

Dengan menambahkan video ke playslit yang anda buat menurut saya ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapakan :

  • Viewer akan jauh lebih mudah mengeksplore video-video anda sesuai dengan kategori video yang anda buat, yang imbasnya tentu saja lebih banyak views ke depannya
  • Ketika menambahkan sebuah video ke playlist tertentu yang terkait kontennya, video anda akan semakin SEO friendly.

8) BAGIKAN VIDEO ANDA KE BERBAGAI SOCIAL MEDIA LAINNYA

Masih ingat dengan kaya kunci kita dalam video marketing?? Yup kuncinya adalah views, views dan views….., apapun social media yang anda gunakan, terlebih jika anda menggunakan Youtube, banyaknya views akan berbanding lurus dengan $$$ yang bisa anda dapatkan, bahkan termasuk ketika anda menggunakannya untuk berjualan produk fisik maupun digital. Secara pribadi saya seringkali mendapatkan pesanan pembuatan video sales letter, hanya dari views di Youtube. bahkan beberapa waktu lalu saya sering mendapatkan orderan batu bata ringan hanya dengan menggunakan video youtube.

Tentu saja dalam konteks ini, pembagian video anda ke social media akan meningkatkan views yang sekaligus meningkatkan personal maupun brand bisnis anda di social media. Hal ini juga sangat penting untuk meningkatkan authority channel anda.

Tunggu dulu, Anda mungkin butuh baca ini :

9) LAKUKKAN EMBEDDING VIDEO KE WEBSITE/BLOG

Lagi dan lagi…, Embedding video ke website akan semakin meningkatkan kemungkinan views & subscriber yang bisa anda dapatkan yang juga sekaligus embedding video di website ini akan semakin membuat website lebih SEO friendly.

Jika anda lakukan 3 langkah SEO Youtube (penggunaan judul, deskripsi & tag) di atas dengan benar, dukungan langkah SEO video Youtube akan membuat website lebih cepat terbaca oleh search engine. Yup kita semua tahu, kalau Youtube adalah search engine yang sekaligus anak kandung Google. tentu saja Google sangat mengedepankan penggunaan salah satu produknya, apalagi belakangan ini video marketing sedemikian menjalar penggunaannya di dunia online bisnis…

Bisa jadi dengan mengembed video Youtube anda, Google akan lebih melirik website anda daripada website kompetitor meskipun kata dalam persaingan kata kunci yang sama.

Baca Juga : Cara Embedding Video Youtube dan Facebook

10) LAKUKKAN PING VIDEO JIKA DIPERLUKAN (OPTIONAL STEP)

Langkah terakhir ini adalah langkah yang sifatnya optional, kalau saya sih gak harus melakukan hal ini, kecuali jika memang persaingan terbilang besar, Kalau persaingannya cukup tinggi, saya lakukan ping, kalau persaingan lumayan kecil, saya tidak lakukan. Ping video tentu saja bertujuan agar video anda lebih cepat dibaca search engine sepanjang pengalaman saya, hal ini lumayan efektif terlebih jika anda menggunakan video baru.

Beikut ini beberapa ping list yang bisa anda gunakan untuk pinging video anda.

Bagaimana lumayan bagus bukan checklist-nya…???

OK, Demikian dulu tips youtube marketing kali ini, kita akan sambung di artikel-artikel berikutnya…

TUNGGU DULU…, KHUSUS YNTUK ANDA YANG SERIUS MENEKUNI YOUTUBE MARKETING, KAMI PUNYA REPORT KHUSUS YANG AKAN MEMBANTU ANDA MEMBANGUN CHANNEL YANG LEBIH BAIK….!!

100% GRATIS!!

Silahkan klik tombol facebook share button berikut ini untuk instant akses…

Completed   out of  
Share From the Options Below.
(Make sure there are No Pop up Blockers)
(required)
Share on Google+
Your free Gift is coming your way!!

NOTE : Link download report baru akan muncul setelah anda klik tombol facebook share di atas, bukan facebook share yang ada di bawah artikel, karena share di bawah artikel adalah general share, bukan untuk special free offer.

Comments

About Nidlomuddin Ar Raffii

Nidlomuddin adalah seorang Product Creator, Digital Marketing Stratergist, Landing Page & Sales Letter Expert, Social Media Marketer, Youtuber, Video Sales letter creator yang berangkat dan membangun bisnis online dari Ke-"Ndesoan". Tidak ada yang istimewa dari saya, karena saya hanya mengandalkan semangat untuk terus belajar & berbagi!

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)